Konstitusi Hijau (Green Constitution) dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup yang Berkeadilan

Penulis

  • Febrian Chandra Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Merangin, Indonesia
  • Adithiya Diar Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Adiwangsa, Indonesia
  • Hartati Hartati Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.441

Kata Kunci:

Keadilan, Konstitusi Hijau, Lingkungan Hidup

Abstrak

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa konstitusi hijau (green constitution) dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia, karena permasalahannya saat ini konstitusi hijau masih terjebak dalam perspektif antropocentrisme sehingga sulit untuk diimplementasikan, di mana manusia dianggap sebagai pusat alam semesta. Hal ini dapat mengabaikan kepentingan non-manusia, seperti hewan dan tumbuhan. Saat ini Implementasi Konstitusi Hijau di Indonesia masih dalam tahap awal dan membutuhkan komitmen serta upaya dari berbagai pihak dengan menekankan pada hubungan antara warga negara, negara, dan lingkungan dalam bentuk tanggung jawab bersama. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian hukum normatif melalui pendekatan konseptual (Conteptual approach) dan pendekatan peraturan Perundang-undangan (Statute approach). Hasil penelitian ini didapati bahwa Konstitusi Hijau, sebagai dasar yang mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan perlindungan lingkungan ke dalam kerangka hukum dasar suatu negara, memiliki potensi untuk memastikan pengelolaan sumber daya alam yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan, semua kegiatan eksploitasi sumber daya alam dilakukan dengan mempertimbangkan dampak jangka panjang dengan menciptakan keadilan ekologi, yang dapat diwujudkan melalui berbagai mekanisme hukum dan kebijakan untuk mengatasi ketidakadilan. Prinsip-prinsip pelestarian lingkungan hidup dan keadilan ekologi sudah seharusnya dimasukkan kedalam konstitusi negara Indonesia, hal ini dilakukan untuk memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya alam, serta  mendorong pembangunan berkelanjutan. Artinya amandemen UUD 1945 perlu dilakukan dengan memberikan hak kepada lingkungan hidup secara utuh dan terjaga.

Referensi

Ali, Z. (2021). Metode Penelitian Hukum. Sinar Grafika.

Arifin, Z. (2015). Politik ekologi: ramah lingkungan sebagai pembenaran. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 1(1).

Arisaputra, M. I. (2021). Reforma agraria di Indonesia. Sinar Grafika (Bumi Aksara).

Asshiddiqie, J. (2016). Green Contitution. RajaGrafindo Persada.

Chandra, F. (2020). Peran Masyarakat Hukum Adat Dalam Mewujudkan Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Ekopendia, 5(1), 103–110.

Chandra, F., & Harmaini, H. (2023). Membangun Hutan Lestari: Analisis Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 10(2), 179–188.

Fauzan, M. P. N. (2021). Meninjau Ulang Gagasan Green Constitution: Mengungkap Miskonsepsi Dan Kritik. LITRA: Jurnal Hukum Lingkungan, Tata Ruang, Dan Agraria, 1(1), 1–21.

Hasibuan, R. H. (2024). Teorema Ekosentris: Konstitusi Hijau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6158–6170.

Helmi. (2012). Hukum Perizinan Lingkungan Hidup. Sinar Grafika.

Husain, A. (2019). Ketahanan Dasar Lingkungan: Basic Environment (Vol. 1). SAH MEDIA.

Irwansyah. (2022). Penelitian Hukum. Mirra Buana Media.

MD, M. (2020). Politik Hukum di Indonesia. Rajawali Pers.

Nasution, B. J. (2008). Metode Penelitian Ilmu Hukum. Bandung: Mandar Maju.

Rohmah, S., & Kholish, M. A. (2022). Konstitusi Hijau Dan Ijtihad Ekologi: Genealogi, Konsep, Masa Depan, Dan Tantangannya Di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Sari, L. P. (2022). Konstitusionalisasi dan Implementasi Konsep Hijau Dalam UUD 1945. PROSIDING SERINA, 2(1), 815–824.

Wahanisa, R., & Adiyatma, S. E. (2021). Konsepsi Asas Kelestarian Dan Keberlanjutan Dalam Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Dalam Nilai Pancasila. Bina Hukum Lingkungan, 6(1), 93–118.

Diterbitkan

07-06-2024

Cara Mengutip

Chandra, F., Diar, A., & Hartati, H. (2024). Konstitusi Hijau (Green Constitution) dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup yang Berkeadilan. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 889–896. https://doi.org/10.54082/jupin.441