Peningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Melalui Model Problem based learning Berbantuan LKPD pada Kelas X SMAN 1 Simpang Dua, Kalimantan Barat

Penulis

  • Apollo SMAN 1 Simpang Dua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.139

Kata Kunci:

ekonomi, LKPD, problem based learning, SMAN 1 Simpang Dua

Abstrak

Ekonomi bagi sebagian besar siswa adalah mata pelajaran yang tidak disukai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Ekonomi dengan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning ) berbantuan media LKPD. Penelitian ini akan dilakukan di kelas X IIS SMAN 1 Simpang Dua semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Tahapan di dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XIIS di SMAN 1 Simpang Dua Tahun Ajaran 2020/2021 dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning berbantuan media LKPD disertai dengan penjelasan tujuan pembelajaran, membuat kelompok diskusi untuk membuat suatu ide yang akan direalisasikan dengan kelompok lain, memberikan perhatian maksimal kepada siswa saat proses pembelajaran berlangsung, dan memberikan hadiah kepada siswa maupun kelompok yang mendapatkan nilai terbaik.

Referensi

Agustin, VN. 2013. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (Pbl). Journal Of Elementary Education. Volume 2. Pp. 36–44.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Ceker, Eser. 2016. Features And Characteristics Of Problem based learning . Cypriot Journal Of Educational Sciences. Volume 11, Issue 4, Pp. 195– 202.

Darmaningrat, dkk. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran PenPasar Persaingan Sempurna VS Pasar Persaingan Tidak Sempurna an Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. ITS. Surabaya

Depdikbud. 2014. Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Kemendikbud. Jakarta

Depdikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Depdikbud. 2016. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Depdikbud. 2016. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Finkle & Torp. 1995. http://www.cotf.edu/ete/teacherout.html

Fred Percival and Herry Ellington alih bahasa Sudjarwo. S. 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Hamzah, Upu. 2004. Makalah Workshop Metode-Metode Pembelajaran Problem Based-Learning. Sulawesi Selatan: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.

Hamzah, Ali Dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Ekonomi. Rajawali Pers. Jakarta.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kurniawan, Y. I., Paramesvari, D. P., & Purnomo, W. H. (2021). Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.54082/jupin.6

Kurniawan, Y. I., Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Pratama, A. P. 2022. ENGLISH LEARNING EDUCATIONAL GAMES FOR HEARING AND SPEECH IMPAIRMENT STUDENTS AT SLB B YAKUT PURWOKERTO. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(3), 781-790.

Marselus, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal Penelitian Inovatif, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.54082/jupin.4

Rohmah, Baety Nur. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Spreadsheet. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 4. UNY. Yogyakarta

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Diterbitkan

27-04-2023

Cara Mengutip

Apollo, A. (2023). Peningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Melalui Model Problem based learning Berbantuan LKPD pada Kelas X SMAN 1 Simpang Dua, Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(1), 73–88. https://doi.org/10.54082/jupin.139