Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure

Penulis

  • Rana Rana Pendidikan Biologi S1, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP Muhammadiyah Maumere, Indonesia
  • Yuli Mira Syafriati Y.M Sani Program Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP Muhammadiyah Maumere, Indonesia
  • Yuliana Dua Solo Program Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP Muhammadiyah Maumere, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.232

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Laboratorium Virtual, Peserta Didik

Abstrak

Kurangnya ketersediaan ruangan praktikum dan alat-alat laboratorium yang memadai peserta didik dan guru tidak dapat melakukan praktikum dan memperoleh pengalaman melalui rangkaian proses pembuktian-pembuktian ilmiah dalam pembelajaran biologi di laboratorium. Laboratorium virtual merupakan laboratorium yang berbentuk perangkat lunak(softwar) komputer yang berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan menggunakan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium sehingga pengguna seakan-akan berada di laboratorium sebenarnya dan membantu proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran pada lembaga Pendidikan dengan fasilitas laboratorium yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar biologi peserta didik MAS Muhammadiyah Nangahure. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA dengan jumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design berupa Design One Group Pretest Dan Postest. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan (sample paired t-tes) dan diperoleh  <  (54.238 < 1,717), yang berarti  ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi evolusi.

Referensi

Clarinda C., Novalina, Gu, & Faradiba. (2022). "Efektivitas Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sma Di Era New Normal." Edumat Sains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6 (2), 257-266.

Defianti, A, Hamdani, D, & Syarkowi, A. (2021). Penerapan Metode Praktikum Virtual Berbasis Simulasi Phet Berbantuan Guided-Inquiry Module Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konten Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 47-55.

Hermansyah, Gunawan, & Lovy H. (2015) "Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 97-105.

Hikmah, Saridewi & Agung. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 2(2), 2502 – 4787.

Jasmadi. (2018). Penggunaan Media Virtual Laboratory Dalam Pembelajaran Konsep Optik Geometri Di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh. Skripsi. Darussalam, Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kurniawan, Y. I., & Kusuma, A. F. S. (2021). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 8(1), 7-14.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah Dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai Dengan Model Pembelajaran Dan Kemampuan Matematis). refika ADITAMA.

Maryuningsih, Y., Budi, M., & Riandi. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Elektroforesis Gel dan Polimerase Chain Reaction (PCR) Sebagai Pengganti Praktikum Rill. 09 (1), 48-64.

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7 (3), 234-245.

Rizal, A, Adam, R. I, & Susilawati, S. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Fisika Osilasi. Jurnal Online Informatika: 55–60.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Penggunaan Angka Pada Hasil Tes Tertentu Dimaksudkan Untuk Mengetahui Daya Serap Siswa Setelah Menerima Materi Pelajaran. Jurnal Biota, 2(1), 82-91.

Siregar, E. M. (2017). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI MIA MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Kimia.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., & Iqbal, M., (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan. Yayasan Kita Menulis.

Diterbitkan

25-12-2023

Cara Mengutip

Rana, R., Sani, Y. M. S. Y., & Solo, Y. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3), 589–596. https://doi.org/10.54082/jupin.232