Implementasi Media Powtoon Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Penulis

  • Yoga Fernando Rizqi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Niken Ayu Saputri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Muncarno Muncarno yoga.fernando@fkip.unila.ac.id
  • Rapani Rapani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Erni Erni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia.
  • Loliyana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.261

Kata Kunci:

Discovery Learning, Hasil Belajar IPAS, Media Powtoon

Abstrak

Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran terdapat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga mengakibatkan kejenuhan dan kurangnya keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Kemudian media yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 39 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur.

Referensi

Aningsih, A., & Wolosah, S. P. (2020). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik, VII(2), 36–43.

Aziz, F. (2020). Pengembangan Cerpen Tematik Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video. Jurnal Dimar, 2(1), 035–052.

Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581.

Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 93–108.

Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 4 Bolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03(02), 17–22.

Siahaan, F. E., & Situmeang, S. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPA di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 3(1), 2023.

Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Penerbit Adab (Vol. 3, Issue April).

Diterbitkan

13-02-2024

Cara Mengutip

Rizqi, Y. F., Ayu Saputri, N., Muncarno, M., Rapani, R., Erni, E., & Loliyana, L. (2024). Implementasi Media Powtoon Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.54082/jupin.261