Sistem Monitoring Alat Pendeteksi Kebisingan Suara di Perpustakaan Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar Berbasis Mikorokontroller Arduino Uno

Penulis

  • Muhammad Triwahyudi Damanik Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Ika Okta Kirana Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Indra Gunawan Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Irawan Irawan Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.58

Kata Kunci:

Arduino Uno, Kebisingan, Software Arduino IDE

Abstrak

Di dalam dunia pendidikan, perpustakaan merupakan salah satu sarana penting untuk mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas. Lokasi perpustakaan yang baik serta kenyamanan saat kegiatan berlangsung merupakan pengaruh besar pada konsentrasi saat melakukan aktifitas di perpustakaan. Salah satu gangguan yang dapat menyebabkan pengguna kehilangan kenyamanan serta kehilangan konsentrasi ialah suara bising yang dihasilkan oleh manusia yang ada pada ruangan tersebut. Perancangan sistem alat pendeteksi kebisingan berbasis mikrokontroler arduino di perpustakaan, dimana alat ini dapat bertujuan untuk mengontrol tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh manusia ataupun hal lainnya yang ada di ruangan perpustakaan. Proses kerja alat ini yaitu dengan cara sensor akan membaca sinyal dalam bentuk tegangan analog (Voltage) serta mengirim sinyal tersebut ke Mikrokontroler Arduino Uno. Kemudian mikrokontroler akan mengubah tegangan analog kedalam bentuk desibel dengan cara mengkalibrasi tegangan analog tersebut. Selanjutnya akan diproses disistem Software Arduino IDE dalam bentuk bahasa pemrograman C, dimana piranti keluaran berupa Buzzer akan menghasilkan Output berupa bunyi peringatan dan menampilkan hasil pembacaan ke LCD. Sehingga tingkat kebisingan yang terjadi di ruangan perpustakaan dapat di Analisa untuk kemudian diteliti sehingga tingkat sebisingan yang ada di ruangan perpustakaan dapat di kendalikan.

Biografi Penulis

Sumarno Sumarno, Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

 

 

Ika Okta Kirana, Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

 

 

Indra Gunawan, Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

 

 

Irawan Irawan, Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

 

 

Referensi

Abimanyu, D., Anggraini, F., Gunawan, I., & Parlina, I. (2021). Rancang Bangun Alat Pemantau Kadar pH , Suhu Dan Warna Pada Air Sungai Berbasis Mikrokontroller Arduino Design And Construction Of pH Temperature And Color Monitoring Equipment In Water-Based River On Arduino Microcontroller. 1(6), 235–242.

Herianto, & Hasnor, K. (2021). PENGUNJUNG PERPUSTAKAN BERDASARKAN PARAMETER. Jurnal Ilmu Komputer, 10(1), 20–26.

Hisam, A. (2010). Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Tingkat Kebisingan Bunyi Berbasis Mikrokontroler. 1–4.

MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP. (1996). KEPUTUSAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP. Http://Web.Ipb.Ac.Id/.

Mikrokontroller, M., & Berbasis, D. A. N. (2016). No Title. 12.

Pasaribu Raju, Aldjufri Said, SUbiyantoro Teguh, Simangunsong Teguh, G. A. (n.d.). MIKROKONTROLER AVR ATMega32.

Rahayu, S. (2017). MENGENAL PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI LEBIH DEKAT. 102–103.

Tuwaidan, Y. A., Poekoel, E. V. C., Mamahit, D. J., & Eng, M. (2015). Rancang Bangun Alat Ukur Desibel ( dB ) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. 37–43.

Zepriyadi, I., Yacoub, R. R., Marpaung, J., Imansyah, F., Saleh, M., & Teknik, J. (n.d.). IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING JARAK JAUH TIGKAT KEBISINGAN SUARA MENGGUNAKAN TRANSCEIVER SX1278.

Diterbitkan

10-04-2022

Cara Mengutip

Damanik, M. T., Sumarno, S., Kirana, I. O., Gunawan, I., & Irawan, I. (2022). Sistem Monitoring Alat Pendeteksi Kebisingan Suara di Perpustakaan Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar Berbasis Mikorokontroller Arduino Uno. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 79–86. https://doi.org/10.54082/jupin.58