Pengembangan Buku Suplemen Pantun (BUPANTUN) Berbasis Ilustrasi untuk Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Rizky Amellia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Ida Putriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Ervika Dewi Wahyuni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.69

Kata Kunci:

Buku Suplemen, Pantun, Pengembangan

Abstrak

Bahan ajar yang lengkap dan menarik menjadi salah satu komponen kebutuhan pengetahuan materi pada pembelajaran, namun sedikit inovasi yang dilakukan pada bahan ajar pantun untuk siswa sekolah dasar. Tujuan pengembangan BUPANTUN yaitu untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan berupa respon guru dan siswa terhadap bahan ajar BUPANTUN. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif berupa deskripsi atau penjelasan, produk yang diteliti serta data yang diperoleh berupa data angka. Hasil dari penelitian berupa buku suplemen pantun BUPANTUN yang didesain menggunakan aplikasi publisher dan desain ilustrasi menggunakan corel draw. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan validasi kepada tiga validator, diperoleh presentase sebesar 90% oleh ahli materi dengan kategori sangat layak, 87% oleh ahli bahasa dengan kategori sangat layak, 95% oleh ahli media dengan kategori sangat layak. Untuk mengetahui keterbacaan guru dan siswa dilakukan uji coba terbatas berupa uji keterbacaan, diperoleh presentase sebesar 91% oleh siswa dengan kategori layak untuk digunakan, dan diperoleh presentase sebesar 90% oleh guru dengan kategori layak digunakan.

Referensi

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, GS. (2014). Pengaruh Sampul Depan Novel Teenlit Terhadap Minat Beli Masyarakat. Jurnal DKV Adiwarna Vol 1 (4).

Habiburrohman, Arif & Asri, S. (2020). Pengembangan Buku Suplemen untuk Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8 (5). Universitas Negeri Surabaya.

Hernawan, A. Permasih dan Laksmi. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Vol 4 (11). Direktorat UPI Bandung.

Kusumam, Airlangga. Mukhidin dan Bachtiar Hasan. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan 23 (1), 28-29.

Lembaga Penelitian Trisakti. (2020). Pedoman Penyusunan dan Pengusulan Hibah Buku Ajar. Universitas Trisakti Jakarta.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyaning, Dewiyani T. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Pantun Berbasis Nilai-nilai Karakter bagi Siswa Kelas 4. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurdyansyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Pekanbaru : Benteng Media.

Sitohang, Risma. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. Jurnal Kewarganegaraan, Vol 23 : 02.

Sriyanto. (2014). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Suwandi, Sarwiji. (2018). Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.

Witabora, Joneta. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora 3 (2), 659-667.

Diterbitkan

23-06-2022

Cara Mengutip

Amellia, R., Putriani, I., & Wahyuni, E. D. (2022). Pengembangan Buku Suplemen Pantun (BUPANTUN) Berbasis Ilustrasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 261–266. https://doi.org/10.54082/jupin.69