Sistem Informasi Penyusunan Anggaran Komprehensif Berbasis Web pada Perusahaan Batik Tulis

Penulis

  • Hedi Pandowo Akuntansi Perpajakan, Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
  • Ahmad Kudhori Akuntansi Perpajakan, Politeknik Negeri Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jupin.74

Kata Kunci:

Anggaran Komprehensif, Aplikasi Web, Waterfall

Abstrak

CV Ningrat Prasojo merupakan perusahaan mikro kecil dan menengah yang bergerak dibidang manufaktur. Perusahaan ini memproduksi kain batik tulis dan memasarkan baik secara online maupun offline. Produk dari Perusahaan ini sudah dikenal di kalangan masyarakat dan mendapat penghargaan di berbagai macam perlombaan. CV Ningrat Prasojo masih kesulitan didalam melakukan pengendalian biaya secara komprehensif dan cepat karena semua masih dilakukan secara manual untuk pencatatan dokumen transaksinya dan belum terstruktur. Upaya dalam memaksimalkan produksi kain batik tulis, diperlukan penyusunan anggaran komprehensif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi kedepan dan dapat mengambil keputusan, pengendalian yang tepat dan meminimalkan penggunaan bahan baku untuk hasil yang maksimal. Penyusunan anggaran secara manual terkesan ribet, tidak rapi serta tidak efektif dan efisien. Sehingga, penyusunan anggaran komprehensif menggunakan aplikasi dapat menunjang efektivitas dan efisiensi. Pentingnya penyusunan anggaran menggunakan aplikasi bermanfaat untuk mengikuti perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi penyusunan anggaran ini menggunakan framework codeigniter, dan boostrap versi 4.0 dengan bahasa PHP dan Mysql. Kajian pustaka yang menjelaskan hal tersebut terdapat pada bab dua. Selain itu, pada penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi, serta model desain yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini yaitu waterfall dan pendekatan berorientasi objek. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi system informasi penyusunan anggaran komprehensif berbasis web yang dapat digunakan untuk tujuan pengendalian biaya perusahaan.

Referensi

Adisaputro, Gunawan dan Asri, M. (2013). Anggaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yograkarta.

Abdulloh, Rohi. (2017). Membuat Toko Online Dengan Teknik OOP, MVC dan AJAX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Adnyana, I Made. (2020). Analisis Anggaran Komprehensif Pada Perusahaan Manufaktur. _: Modula.

Almais, Teguh Agus Wibowo. (2018). Modul Praktikum Web Progamming. Malang: Modula.

Aprianti, Winda dan Umi Malihan. (2016). Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut. Vol 2 Jurnal Sains dan Informatika.

Ariono, Riano. (2013). Belajar HTML & CSS “Tutorial Fundamental dalam Mempelajari HTML & CSS”. Malang: Modula.

Ayu, Fitri dan Nia Permatasari. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan Pada Devisi Humas PT. Pegadaian. Vol 2 Jurnal Intra-Tech.

CPSSoft. (2017). Pengertian Perusahaan Manufaktur, Contoh, dan Sistem yang Digunakan.cpsspft.com (diakses tanggal 2 Januari 2021)

Daru, Firman dan Whisnumurti Adhiwibowo. (2017). Model Pengembangan Aplikasi Pembayaran Angsuran Pinjaman Online Menggunakan PHP MYSQL dengan Metode Object Oriented Programing. Jurnal Informatika, vol. 3.

Destiningrum, Mara dan Qadhli Jafar Adrian. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknologi, vol. 11.

Fathoroni, A., dkk. (2020). Buku Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode 360 Degree Feedback. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Enterprise, J. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Herlianto, D. (2011). Teknik Penyusunan Anggaran Operasional Perusahaan. Yogjakarta: Gosyen Publishing.

Juansyah, A. (2015). Edisi Vol 1 Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Bandung: Modula.

Kerendi, Dadan. (2015). Membuat CMS Multifitur. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kominfo. (2020). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. Kominfo.go.id (diakses tanggal 26 Desember 2020)

Menkeu. (2017). Menkeu: Teknologi, Salah Satu Kunci Tingkatkan Ekonomi. Kemenkeu.go.id

Murhada, dan YoCengGiap. (2011). Pengantar Teknologi Informatika. Jakarta: Mitra Wahana Media.154

Permenkumham. (2018). Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2018 tentang Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata. Jakarta: Modula.

Panjaitan, Dorothy Rouly Haratua dan Aripin Ahmad. (2017). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahayu, Sri dan Andry Arifian Rachman. (2013). Penyusunan Anggaran Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmad, Mhd Bustanur dan Tedy Setiady. (2014). Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web PHP. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Volume, 2(2).

Ramadhani, dkk. (2020). Akuntansi Biaya (Konsep dan Implementasi di Industri Manufaktur). Yogyakarta: CV Markumi.

Rofiah, Syahbaniar. (2018). Pembelajaran PHP dengan Codeigniter Berbasis Project Based Learning. Bina Insani ICT Journal, Vol.5.

Sasmito, Ginanjar Wiro. (2017). Penerapan Metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), Vol. (2.

Seran, Sirilius. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Sleman: Deepublish.

Sitepu, Rasidin K. (2018). Aplikasi Akuntansi Berbasis Web. Bogor: PT Penerbit IPB.

Subagio, A. (2018). Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiarti, Yuni. (2018). Dasar-Dasar Pemrograman Java NETBEANS: Database UML dan Interface. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru. Wanto, Anjar dan Eko Kurniawan. (2018). Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma AHP pada AMIK STIKOM Tunas Bangsa Permatasiantar. Jurnal Informatika dan Komputer(JIKO) –Volume3, Nomor 1.

Widodo, Wahyu Agus dan Diva Kurnianingtyas. (2017). Sistem Basis Data. Malang: UB Press.

Diterbitkan

10-08-2022

Cara Mengutip

Pandowo, H., & Kudhori, A. (2022). Sistem Informasi Penyusunan Anggaran Komprehensif Berbasis Web pada Perusahaan Batik Tulis. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 267–280. https://doi.org/10.54082/jupin.74